Minggu, 09 Desember 2007

Permainan Bertujuan Untuk Pemanasan

Permainan Tanpa Alat

Nama: Jala Ikan

Uraian Kegiatan
a. Permulaan
  1. Disediakan lapangan yang diatur lebarnya.
  2. Siswa diundi untuk menjadi "jala". Misal 10 anak, 2 anak menjadi jala dan 10 anak menjadi "ikan".

b. Cara Bermain

  1. 2 orang anak yang menjadi jala bergandengan tangan untuk menangkap ikan yaitu 8 orang anak tadi.
  2. Anak yang terkurung oleh jala maka anak tersebut ikut menjadi jala, dst.
  3. Hingga ikan habis.

Permainan Dengan Alat

Nama: Balok Cepat

Uraian Kegiatan

a. Permulaan

  1. Siswa dibariskan, berdoa.
  2. Diberi pengarahan.

b. Cara Bermain

  1. Siswa membentuk lingkaran. misal ada 10 anak maka balok yang disediakan yaitu 8 buah.
  2. Tanda pertama, siswa berjalan.
  3. Tanda kedua, siswa berlari pelan.
  4. Tanda ketiga, siswa berlari cepat.
  5. Tanda terakhir, siswa berebut untuk mengambil balok yang ada didalam lingkaran tersebut.
  6. Bagi siswa yang tidak mendapatkan balok, maka diberi hukuman yaitu menari atau bernyanyi.

Gaya Resiprokal

Lempar Cakram

Pelaku
Nama :
NIM :
Kelas :

Pengamat
Nama :
NIM :
Kelas :

Uraian Kegiatan
  1. Berdiri dengan kedua kaki sejajar dan agak sedikit ditekuk
  2. Tangan memegang cakram dengan dibuka lebar dan perkenaan dengan menggunakan ujung-ujung ruas jari pada sisi luar lingkaran cakram.
  3. Pada saat awalan, tangan lurus, badan diputar, dan posisi cakram tetap menghadap ke bawah.
  4. Pada saat melempar atau melepas cakram tangan tetap lurus.
  5. Sebagai pengatur putaran arah putaran cakram adalah jari telunjuk yaitu jari terakhir yang memegang cakram.
  6. Arah putaran cakram adalah searah dengan jarum jam.